11 July 2017

Time to culinary! Sampai di Stasiun Pekalongan, kami langsung sarapan di kaki lima samping stasiun. Hoho, siap-siap merasakan rasa khas masakan Kota Batik ya...

1. SEGO MEGONO


Sego Megono ini adalah masakan khas Pekalongan yg berbahan dasar nangka muda (tewel) di campur dengan kelapa muda dan rempah-rempah lainnya. Menurut saya, rasanya mirip Bothok Boros yg biasa dibuat oleh Mbah Uti.


2. BAKWAN


Nah kata Abang, bakwan model begini yg di suka. Bakwan ini sama seperti bakwan yg ada di rumah Abang, Jepara. Sayurnya banyak, terus bentuknya pipih. Kalau di Malang, bakwan ya weci itu. Soal rasa? Rasanya gurih-gurih gimana gitu.


3. SALE PISANG


Sudah banyak memang Sale Pisang dikota-kota lainnya, namun yg spesial, Sale Pisang disini buat sendiri, alias handmade. Mulai potong pisang, jemur pisang, sampai goreng. Rasanya wenaaak! Pokoknya dimana-mana yg namanya Sale Pisang enak, haha. #penggilasalepisang


4. CARICA



Tumbuhan Carica hanya tumbuh di dataran Dieng, jadi yg jual oleh-oleh bahan olahan Carica ya cuma ada di Dieng.


Olahannya macam-macam, ada sirup, manisan, kripik dan dodol. Saya kira Carica itu pelafalan logat Madura, contoh : sate jadi tesate 😂 eeh, ternyata bukan.


Rasanya kayak pepaya, gak terlalu keras, tapi juga gak lembek.


5. PURWACENG


Menurut saya ini sejenis minuman penambah stamina pria deh, haha. Itu ada keterangan ada efek afrodisiak pada pria. Saya juga gak beli, geli denger namanya 😅 Nanti aja belinya pas udah nikah #eeh #peace. Dan, akhirnya keturutan coba Kopi Purwaceng ( baca disini ).


6. NASI GORENG DIENG
Beli nasi goreng pas masuk kawasan Dieng. Nasi gorengnya di kasih kecap gitu, jadi warnanya coklat dan sedikit manis. Maaf gak ada fotonya, sudah amat sangat lapar, hehe.


7. GETUK MUNTUL
Salah satu gorengan yang berbahan dasar ketela. Bentuknya bulat kecil-kecil gitu. Kalau di Malang rasanya mirip gorengan Jemblem.

Sebenarnya masih ada Taoto dan Mie Ongklok, tapi ga jadi beli. Gimana mau beli? Perut selalu kenyang gak pernah kelaparan. Ibunya Mas Andi buaaiik banget bener-bener bikin Keluarga Minus makin enduut. Jam makannya gak pernah telat! Jadi sungkan karena gak bantuin. Tapi mau bantuin juga bingung dapurnya sebelah mana, 😣 huhuu..

Pokoknya terima kasih banyaaaaak 😘 #ciyomsatusatu

baca disini Behind the scene nya!
Cerita seru pendakian Gunung Prau baca disini

Video Perjalanan ke Gunung Prau via Dieng

kuliner khas pekalongan , sego megono , carica , buah carica , bakwan satur , sale pisang goreng , sale pisang , kuliner dieng , dieng pletau , gunung prau , kuliner khas nusantara , kripik carica


0 comments:

Post a Comment

Categories

Blog Archive

Instagram

Popular Posts

Viewers